Sunday, February 7, 2016

Perbandingan Android Dengan WIndows Mobile

Hay kali ini saya akan membahas tentang smartphone, kalian pasti sudah tahu kan smartphone .Tentu saja tahu karena dijaman sekarang smartphone bukanlah benda yang asing lagi untuk kita, malahan sudah hampir menjadi kebutuhan pokok untuk menunjang kegiatan dan pekerjaan kita. 

Lalu jika ditanya apa saja merk smartphone tentu saja kita sudah sangat tahu, yaitu seperti Samsung, Apple, Lumia, dan banyak lagi. Nah  kalau ditanya system operasi smartphone itu apa saja tidak banyak yang tahu, sebenernya bukan tidak tahu cuman gak ngerti aja.

Oke jadi kalian pasti tau kan Android? Beberapa orang menyebut Android adalah merk smartphone tetapi sebenarnya bukan. Android adalah salah satu sistem operasi dari smartphone, contoh smartphone yang memakai Android adalah Samsung, Oppo, Sony, dan masih banyak lagi. Tentu nya masih ada beberapa sistem operasi smartphone seperti IOS (yang dipakai oleh Apple) dan Windows Mobile (dipakai oleh Lumia). Semua sistem operasi tersebut mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Nah di post saya kali ini saya akan memberikan info tentang perbandingan antara dua sistem operasi smartphone yaitu Android dan Windows Mobile.

Baterai

Daya tahan baterai Android  lebih sebentar dibandingkan Windows Mobile, ini dikarenakan karena jumlah aplikasi yang dipakai Android lebih banyak dan lebih menghabiskan daya di bandingkan Windows Mobile sehingga baterai terkesan lebih boros.

Aplikasi

Jumlah aplikasi yang support dapat dijadikan sebagai pembanding dua sistem operasi ini. Tentu saja Android yang merupakan sistem operasi nomor satu terbanyak dipakai saat ini mempunya jumlah aplikasi yang lebih banyak dibandingkan Windows Mobile, ini dibuktikan dengan jumlah aplikasi yang tersedia di Play Store Android sebanyak sekitar satu juta aplikasi sedangkan di Windows Mobile Store hanya sekitar seratus ribu aplikasi.

Tampilan

Dari segi penampilan  atau juga disebut User Interface (UI) Windows Mobile lebih mudah digunakan dan dipahami dibandingkan denga Android. Ini dikarenakan tampilan Windows Mobile berbentuk kotak-kotak dan lebih terstruktur dibandingkan Android. Tetapi tampilan Windows Mobile bersifat monoton, berbeda dengan android yang tampilannya bisa diganti-ganti sesuai selera pengguna.

Tampilan WIndows Mobile

Tampilan Android

Sifat Sistem Operasi


Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Artinya, kode-kode di dalamnya bisa didapatkan secara gratis serta boleh dimodifikasi dan didistribusikan oleh perusahaan dan para developer secara bebas. Sebaliknya, Windows Mobile adalah sistem operasi yang bersifat close source. Ini berarti, Windows Mobile hanya boleh dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dan kode-kode di dalamnya dilindungi oleh hak cipta.


Keamanan

Android sangat mudah untuk menginstal sebuah aplikasi, bahkan menginstal aplikasi dari sumber selain Google Play store. Karena kebebasan menginstal aplikasi dari situs umum inilah menyebabkan ponsel Android rawan terkena virus/malware. Sendangkan Windows Mobile untuk masalah keamanan  termasuk sangat canggih. Hanya bisa menginstal melalui Windows Mobile Store dan  semua aplikasi harus ditinjau dan disetujui terlebih dahulu oleh Microsoft, tidak seperti pada  Android yang tidak mempertimbangkan keamanan apliikasinya dari malware.


Oke sekian dari saya tentang perbandian Android dan Windows Mobile, semoga bermanfaat terlebih lagi bagi yang bingung memilih Android dan Windows Mobile mungkin dengan adanya artikel ini bisa lebih mempermudah menentukan pilihannya.


Sumber Atrikel

No comments:

Post a Comment